Terbaru

6 Tips Komunikasi yang Efektif dengan Pasangan

Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pernikahan. Tanpa adanya interaksi dan komunikasi, anda jadi tidak bisa saling memahami dengan pasangan.

Bagian penting dari interaksi antara anda dan pasangan adalah cara mengomunikasikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Terutama melalui komunikasi verbal.

“Komunikasi dalam hubungan personal adalah tentang suami dan istri yang berkolaborasi satu sama lain dengan berbagi persepsi, perasaan, gagasan, dan pemikiran sehingga mereka dapat memahami apa yang terjadi di antara mereka,”

Nah, supaya komunikasi antara anda dan pasangan lebih efektif, ikuti tips ini:

Saling mengarkan pasangan, jangan hanya bicara.

Tujuan berkomunikasi adalah untuk saling mendengarkan pendapat. Makanya, tahan keinginan anda untuk memotong pembicaraan pasangan ya.

Mungkin ini akan terasa sulit ketika emosi memuncak. Ketika emosi meningkat, anda dan pasangan mungkin akan berebut untuk bicara.

Kalau anda tidak mau mendengarkan pasangan, itu menunjukkan bahwa tidak benar-benar tertarik dengan percakapannya. Jangan seperti itu ya.

“Dengarkan pasangan Anda dengan ketertarikan tanpa syarat untuk memahami apa yang ingin mereka katakan,”

 

Bicarakan fakta

anda boleh saja curiga dengan beberapa hal. Tapi, harus didasari dengan fakta.

Kalau tidak ada buktinya, jangan dulu bicarakan dengan pasangan. Saling menuduh tanpa bukti malah akan menimbulkan masalah dalam hubungan

Contohnya adalah selingkuh. Kalau anda belum mengumpulkan buktinya, jangan bicarakan dulu dengan pasangan anda. Diam-diam cari tahu tentang apa yang terjadi.

Namun, cemburu adalah hal yang normal kok. Tapi, jangan diungkapkan setiap saat ya.

 

Berbicara jujur dan senang hati

Obrolan melibatkan lebih dari satu orang. Dalam hal pernikahan, suami dan istri sama-sama harus bicara.

Silent treatment atau saling diam tidak boleh dilakukan dalam hubungan percintaan. Jangan sampai anda dan pasangan saling tidak peduli dengan pembicaraan.

Ketika pasangan bicara, jawab dengan transparan dan jujur. anda juga perlu bertanya kalau ada ketidakjelasan. Usahakan selalu menanggapi pembicaraan pasangan ya. Ini harus diupayakan bersama.

 

Gunakan teknik komunikasi verbal dan non verbal

Bahasa tubuh menunjukkan perasaan yang sesungguhnya. Meski tanpa bicara, anda langsung bisa tahu apakah ia tertarik dengan pembicaraan melalui bahasa tubuh.

Salah satu yang sangat penting adalah kontak mata. Ini merupakan salah satu indikasi kejujuran lho.

Dilansir Marriage, anda bisa menyadari perasaan pasangan tanpa ada kata-kata. anda dan pasangan harus lebih sadar dengan bahasa tubuh ketika berkomunikasi satu sama lain.

Komunikasi non verbal antara suami dan istri ini sangat penting. Dengan bahasa tubuh, anda bisa mengetahui apakah pasangan setuju atau tidak dengan yang disampaikan.

 

Saling menghargai perbedaan pendapat

Harus diakui bahwa anda dan pasangan mungkin mempunyai kepribadian dan pemikiran yang berbeda. Tidak ada alasan untuk saling menjatuhkan pendapat yang berbeda dari pasangan.

Meski berbeda pendapat, anda dan pasangan harus bisa menyelesaikan masalah bersama. Ini merupakan salah satu ciri pasangan yang sukses.

Makanya, Bunda perlu menyadari bahwa pasangan mungkin saja punya pendapat yang berbeda. Itu seharusnya tidak jadi masalah ya, Bunda. Karena hubungan itu lebih besar dari masalah apapun.

Anda dan Pasanagan harus bisa saling menghargai. Selain itu, jadilah orang yang bisa diandalkan oleh pasangan.

 

Saling berbagi cerita keseharian saat LDR

Komunikasi yang baik menjadi kunci dari kesuksesan sebuah hubungan yang sehat. Jadi, mau dipisahkan sejauh apa pun, pasangan LDR harus menjaga komunikasinya dengan baik melalui cerita-cerita kehidupan yang dijalaninya di lain tempat.

Studi menunjukkan bahwa pasangan LDR cenderung dapat menceritakan lebih banyak detail tentang diri mereka, dibanding yang tidak menjalani LDR.

Jadi, jangan sungkan untuk menceritakan secara detail apa kegiatan yang kamu lakukan selama seharian kepada pasangan, seperti kafe yang baru kamu kunjungi, atasan yang menyebalkan, atau buku yang sedang kamu baca.

 

Membangun komunikasi yang baik merupakan pondasi awal dalam mencegah keretakan dalam rumah tangga. Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, maka akan mencegah dari keretakan rumah tangga, akan lebih saling menghargai dan memahami serta jauh dari prasangka buruk kepada pasangan kita.

Check Also

cara mendidik anak menjadi sholih

Cara Mendidik Anak Menjadi Ahli Jannah

arrahmahsragen.com – Kebahagiaan dan kеbеruntungаn уаng hаkіkі аdаlаh kеtіkа ѕеѕеоrаng berhasil mеnараkkаn kаkіnуа di ѕаlаh …

Leave a Reply

Your email address will not be published.